Friday, July 27, 2012

Kotak Suara Bergambar


Momen puasa emang paling pas bareng temen-temen. Banyak yang berangkat ngaji bareng, maghrib bareng, taraweh bareng, nggak tau juga kalo sahur bareng. Petang itu denger anak-anak dan candanya lewat depan rumah, tiba-tiba tawa mereka pecah setelah ada salah satu dari mereka yang jatuh. Ngakak deng bukan ketawa. Walaupun cuma jatuh bruk biasa, ada sakitnya dong dikit. Generasi OVJ, tertawa diatas jatuhnya orang lain, ngakak diatas musibah orang lain.

Sebenernya semua berawal dari kotak kecil yang mengeluarkan suara dan gambar, tv. Tv itu banyak yang bilang salah satu cara propaganda bangsa barat. Di tv semua berawal: pembuatan isu, pengalihan isu, pembelokan fakta, membuat opini publik, hiburan lalala-yeyeye, hiburan tarakdungces, ftv di Jogja dan Bali, dan banyak lagi. Emang nonton tv itu perlu, tapi idealnya cuma 2 jam per hari.

Sebenernya kita itu punya hak sama tv kita, mau dinonton, apa enggak. Atau sekarang kewajiban nonton. Kalo enggak nonton infotainment kaya berkurang umurnya. Kalo enggak nonton drama korea kaya kangennya sama mantan kucing yang ditinggal mati. Kalo enggak nonton barca, berasa kaya kehilangan hape (aku). Horotoyoh.

Bapak pernah cerita, mahasiswanya ada yang mengajukan naskah sinetron ke seorang produser, tanpa ada perselingkuhan, tanpa ada marah-marahan, tanpa ada tragedi. Pokoknya isinya cuma seneng damai sejahtera. Langsung ditolak mentah-mentah sama produser. Karena bagi produser yang kaya gitu nggak ada isinya, nggak laku.

Sampai AS Laksana bilang, ‘ketika ada acara yang lebih baik lebih inspiratif, banyak yang lebih memilih merendahkan kecerdasan sendiri dengan menonton yang seperti itu.’

No comments:

Post a Comment