Tuesday, January 10, 2017

The Thing So-Called-Passion: Passion

Hampir tujuh bulan usia skripsiku, terhitung dari pertama mulai sampai sekarang. Semakin kesini aku semakin mikir kenapa ini nggak selesai-selesai ya? Ternyata ada satu momen yang aku ngerasa aku melakukan kesalahan, suatu sore aku chatting dengan teman lama, di tengah pembicaraan kalau dia ngasih tau bentar lagi mau ke Jepang mau lanjutin studi (apa penelitian?) yang berlangsung dalam hitungan bulan.

"Hah serius kamu ambil topik gitu? Mau skripsi atau thesis?" Sempat diam dengan pertanyaan itu, lalu aku bergumam "bener dugaanku."

Untuk teman-teman yang akan mengambil skripsi, ojo kejeron, jangan mikir terlalu dalem. Pada prinsipnya skripsi adalah untuk mengetes sebuah teori, memvalidasi sebuah teori, membuktikan bahwa teori ini bisa diterapkan pada sebuah situasi yang memiliki syarat yang sama. Perkara itu 3 variabel atau lebih adalah perkara raise the bar aja, karena emang sudah terlalu sering variabel yang kurang dari itu. Masuk thesis baru menentang teori, menyangkal teori, membuktikan teori yang ada itu salah. Baru pada disertasi bikin teori, mensintesiskan hipotesis personal ke ratusan orang yang akan disimpulkan menjadi teori.

Dugaanku semakin kuat setelah beberapa waktu lalu angkatanku dipanggil kampus, orang-orang yang belum kelar skripsi ditanyain satu-satu tentang topik metode dan sebagainya, lalu diberi cara untuk memperingkas skripsi. Jatuhnya di aku, dijawabnya "oiya ditambahin ini ini ini aja biar semakin oke." Tidak diperingkas, malah diperkaya. Topik yang aku ambil mungkin memang dipandang kampus dan dosen sesuatu yang bagus, tapi tidak menguntungkan aku.

No man, i didn't want to humblebrag. Kalau tau gini aku juga bakal bikin yang lebih sederhana kali.

Setidaknya topik yang aku pilih ini sudah sedikit sederhana (kenapa sih bawaannya ribet gini?) dari yang aku pikirkan diawal waktu kuliah ketika ditanyakan tentang gambaran skripsi sama dosen metodologi penelitian, spontan aku jawab "passion." Ibu dosen mengernyitkan alis, "seperti hasrat-hasrat itu ya?" "iya bu" "setau saya itu belum ada teorinya, jadi kalau kamu ambil itu kamu harus nyebar angket ke ratusan orang untuk cari tau passion itu apa." Malah diwisuda S3 aku ntar. Malah disuruh bikin teori. Malah piye.

Sejak saat itu aku tidak melirik lagi topik passion karena memang belum banyak teori, dimensi, dan faktornya. Sejak saat itu pun aku mulai berpikir "kalau teorinya nggak ada, kayanya passion ini gimmick buku deh, jangan-jangan ini emang nggak ada yang namanya passion." Sampai di suatu sore aku bertemu dengan Ardhi, teman SMP yang barusan lulus ujian skripsi dan kompre, ngobrolin tentang kehidupan setelah kuliah, dia bilang dia mau kerja sesuai passion, "emang passion itu apaan?" dia bilang kalau passion itu dimensinya tiga: control, creativity, dan impact.

Apapun yang so-called-passion itu akan tersalurkan kalau kita mempunyai kontrol atas apa yang kita kerjakan, moreover pilihan-pilihan yang setiap hari kita harus pilih. Creativity happens ketika kita bisa mengembangkan apa yang kita kerjakan. Dan impact, ketika apa yang kita kerjakan memberikan pengaruh ke lingkungan, lebih luas industri, moreover diri kita sendiri. Ketika kita punya 3 hal itu disetiap apa yang dikerjakan, maka there is passion all over our life.

Tapi seperti teori-teori yang lain, kamu berhak setuju atau tidak. Kalau percaya maka jalankanlah, carilah hal-hal di atas, make it happens on your life, kalau apa yang kamu kerjakan sekarang tidak menyediakan itu dan meyakini bahwa hidup ini sebuah pilihan, just walk away. Walk away dan temukan.

Untuk yang tidak percaya and then bad things happen because you didn't have any of it, suck it up man. Suck it up.

2 comments: